Gw
tuh sering banget di tanya ma temen-temen. Bro, gimana sih cara
menjadi dj atau ngedj? jawabanya ya simple aja. Mau belajar, suka music,
punya kemauan yang kuat, punya telinga..he.he. plus gaul. tapi jangan
kebanyakan gaul ntar ancur.
Belajar menjadi DJ ada banyak caranya tapi yang umum seperti ini:
SelengkapNya: BELAJAR CARA MENJADI DJ | Hendry Al
http://www.djhendryal.com/2009/04/belajar-cara-menjadi-dj.html#ixzz3NHPtT75K
belajar menjadi dj, ngeremix lagu, tutorial Fl studio, virtualdj tutorial, lagu dj, Funkot, jual cdj
Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike
Follow us: @djhendryal on Twitter | djhendry on Facebook
Cara 1. kursus DJ.
Yang sekarang sudah banyak sekolah dj bertebaran se indonesia.
di
jakarta apalagi, baaanyak banget..RUMUS contohnya di jakarta atau Bpm
studio dj. atau dj school RDJ indonesia. Baca di sini untuk mendapatkan
informasi tempat dj school di indonesia kota dan daerah.
Cara 2. belajar sama temen private istilahnya.
kaya
gw dulu.Selanjutnya gw kembangin sendiri.Sebab temen gw cuma ngasih
teknik-teknik basicnya waktu itu. dan anehnya temen gw malah berubah
profesi jadi manager di LAS VEGAS BILYARD AND KARAOKE , tangerang bro,
bukan U.S.A sekaligus sound enginer .Bagaimana cara gw ngembagin adalah
datang ke club, cafe yang ada DJ nya gw dengerin dengan serius kaya
nonton film romantis hik..hik atau cuma dengerin mixtape nya DJ yang dah
jago.
Cara 3. belajar otodidak alias belajar sendiri..
Nah
kalo belajar sendiri caranya gimana?? pertama ya mesti punya
alat,bro.Yang harganya lumayan mahal. satu set kalo baru kayak cdj
1000mk2, mixer , nyampe 15 jeti lebih.. kalo second bisa 10 jetian.
kalo ente punya duit and minat banget jadi dj beli aja, bro. toh nanti
kalo dah tenar kaya dj riri, dj bobby, dj romy and lainnya modal yang
kita keluarin bisa berlipat2 baliknya..gak tenar aja duitnya bisa balik
lagi..soalnya bro, dj baru aja sekarang main 2 jam aja dah
300ribu-500rb, minim lo. tergantung nego si. Kalo belajar sendiri cara
gampangnya adalah nongkrong dideket dj lagi main. liatin semua geraknya
terutama tanganya (kalau gak bingung n kalo boleh..hehe)..atau sering2
aja baca postingan gw he.he
Tapi gw gak punya duit buat
beli alat yang mahal?? gampang pake aja laptop atau pc tambah software,
seperti VirtualDJ, traktordj, serato dan lainnya. Spek memakai
computer atau laptop baca disini. Bahasa inggris kalo gak ngerti jangan
di baca, lihat gambar aja..hik..hik. atau klick aja google translate.
Syukur gak ngaco terjemahannya. Untuk spek laptop bahasa indonesia baca
di sini- Nyeting laptop buat djing. Kalo pake software ane pikir masih
kejangkau lah ma kocek.modal pc, soundcard/usb sound software,
headphone ma speaker aktif. ngirit kan?
Alternatif lainnya
jika ingin belajar mixing lagu kaya dj tanpa memakai cdj player (alat
dj yang manual), bisa menggunakan tool, yaitu Dj controler yang
sekarang banyak dj memakainya untuk perform. Silahkan baca - Info
tentang dj controler yang bagus. Harganya lebih murah di bandingkan cdj
player, dan juga lebih mudah digunakan untuk para newbie.
Kalo
kursus berapa duit bro? kalo gak salah kisaran 3.5 jeti per brapa kali
pertemuan atau bulanan. tapi ada juga sih yang murah. maklum
persaingan.kalo daerah jakarta tuh di bekasi terhitung murah.
Weleh..weleh..lumayan mahal juga ya..habis dong uang bulanan gw. maklum
masih kuliah bro..cekak.kak.kak. 7x.
Yo wes kalo mahal.
anak kuliah biasanya punya laptop atau pc dengan metode INTERNAL MIXER
SETTING asal spek cukup bisa kok buat ngedj. spek detailnya disini
Kursus
entar dulu deh. gw mo blajar sendiri dulu. Caranya gimana bro..? Nah
lo mo belajar pake alat kaya cdj 1000 pa pake software? Kalo pake alat
kan mesti punya bro. siapa bilang?? banyak kok Rental yang nyewain alat
buat DJ. perjam mbayarnya. Oya !??
Ya, iyalah..! gak pake ya iya dong lho... di jakarta dah banyak yang Rental alat dj daerah jawa gw gak tahu..
Aseeeeik. Gw besok ke rental bro..
Eittt!!
tunggu dulu. Lo mo ngerusakin alat apa?? belajar dj tuh gak asal
nyetel musik. mesti tahu juga tekniknya, ma lo mo mesti tentuin dulu
GENRE musik lo. contohnya:
GENRE: house, electro house,
progressive, trance, tribal, Hip-hop. Genre musik ini umum buat dj. dan
lo mesti tahu juga apa itu dj?? siapa itu DJ dan macam-macam dj ? baca
disini. Secara sederhana Dj atau DISC JOKEY adalah orang yang memutar,
memainkannya musik atau lagu menggunakan teknik dan alat tertentu.
seperti CD audio, mp3, piringan hitam (PH) dan media lainya.
Terus teknik-teknik nya gimana,bro??
Silahkan
baca di teknik dj or baca versi english disini Cara ngedj pake
virtualdj silahkan lihat di bawah di related article. good luck
SelengkapNya: BELAJAR CARA MENJADI DJ | Hendry Al
http://www.djhendryal.com/2009/04/belajar-cara-menjadi-dj.html#ixzz3NHPxBchv
belajar menjadi dj, ngeremix lagu, tutorial Fl studio, virtualdj tutorial, lagu dj, Funkot, jual cdj
Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike
Follow us: @djhendryal on Twitter | djhendry on Facebook
http://www.djhendryal.com/2009/04/belajar-cara-menjadi-dj.html
http://aznieverskill.blogspot.com/2013/12/fdj-indonesia-tercantik-versi-aznie.html